Rabu, 03 Januari 2018

Potret Kehidupan Nelayan Tradisional Bajo di Papela – Pulau Rote

Judul
:
Potret Kehidupan Nelayan Tradisional Bajo di Papela – Pulau Rote
Penulis
:
Dr. Wilson M. A. Therik, S.E., M. Si
Penerbit
:
IRGSC Publisher
Tahun Cetak
:
2017
Halaman
:
90
ISBN
:
978-602-71120-0-1
Harga
:
Rp. -
Status
:
Kosong

Buku ini disarikan dari hasil penelitian Tesis Magister Sains pada Program Studi Magister Studi Pembangunan – Pascasarjana, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga dengan judul asli: “Orang Laut di Tanjung Pasir Minum Madu Bercampur Racun”. Meskipun penelitian ini dilakukan pada tahun 2005-2007 namun masih temuan penelitian yang dikemukakan masih relevan/bermanfaat sebagai data perbandingan untuk penyusunan rumusan kebijakan (policy paper) oleh para pemangku kepentingan bagi kehidupan masyarakat pesisir maupun untuk keperluan penelitian lanjutan oleh para dosen, peneliti maupun mahasiswa dengan fokus pada kajian antropologi ekonomi dan kajian ekonomi pesisir di Indonesia.

Berdasarkan pengalaman nelayan tradisional Bajo (nelayan buruh maupun nelayan juragan) di Tanjung Pasir-Papela, Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur ketika berhadapan dengan arus perubahan melalui pembangunan, dan ketika mereka ditempatkan dalam suatu sistem ekonomi pasar yang modern, terlihat bahwa tataran teoritis dan normatif tersebut belum diperhatikan dengan baik.

Nelayan juragan selaku pemilik modal dan juga pemilik perahu dengan leluasa dapat “mengatur” segala kehidupan ekonomi rumah tangga keluarga nelayan buruh di Tanjung Pasir-Papela. Di satu sisi nelayan buruh mengharapkan bantuan dan pertolongan juragan untuk dapat survive di Tanjung Pasir-Papela, namun pada sisi yang lain juragan memanfaatkan ketergantungan nelayan buruh dengan mengambil keuntungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...