Selasa, 16 Januari 2018

Mutiara Pulau Timor Buku II

Judul
:
Mutiara Pulau Timor Buku II
Penyusun
:
P. Tadeusz Bartkowiak SVD
Penerbit
:
Nusa Indah
Tahun Cetak
:
1977
Halaman
:
124
ISBN
:
-
Harga
:
Rp. 60.000
Status
:
Kosong


Dalam kata pengantar Mutiara Pulau Timor, buku I, tertulis bahwa usaha membukukan dongeng-dongeng mempunyai tujuan agar supaya ceritera-ceritera tersebut tidak hilang begitu saja.

Harus ditambahkan pula bahwa di samping itu karya ini bermaksud menyadarkan para pembaca kebudayaan setempat harus dijunjung tinggi karena adat istiadat para penduduk asli, cara hidup sehari-hari dan alam pikiran mereka bukan dari kemarin akan tetap sudah berabad-abad usianya.

Buku kedua ini merupakan sambungan buku pertama. Ceritera dongeng yang disajikan dalam buku ini diketemukan dalam beberapa kampung di daerah Belu Selatan di Pulau Timor. Dari 12  ceritera dongeng yang dimuat dalam buku ini, satu saja, yakni: “Suri Ikun dan ular berkepala tujuh”, yang berasal dari Belu Utara.

Di dalam “Eenige Fabels en Volkslegenden van de Onderafdeeling BELOE op het eiland Timor door A. Mathijsen, 1915, pada halaman 12 terdapat ceritera: “Michel no samea oeloen hitoe” yang mirip dengan dongeng: Suri Ikun…. Kedua ceritera itu rupanya berasal dari luar Timor.

Semoga jilid kedua ini mendapat sambutan yang hangat juga di masyarakat kita terutama di antara para generasi muda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...