Selasa, 16 Januari 2018

Kain Tenun Tradisional Nusa Tenggara

Judul
:
Kain Tenun Tradisional Nusa Tenggara
Penyusun
:
Ny. Dra. Suwati Kartiwi
Penerbit
:
Museum Pusat Jakarta
Tahun Cetak
:
1974
Halaman
:
85
ISBN
:
-
Harga
:
Rp. 46.000
Status
:
Ada

Gagasan untuk memulai suatu penulisan buku yang mengandung bahan keterangan singkat tetapi menyeluruh tentang tenun pada masyarakat dari berbagai daerah Indonesia, telah sejak lama menjadi cita-cita kami yang bertugas di Museum Pusat Jakarta.

Penulis mengerti bahwa suatu buku semacam itu sebaiknya ditulis bersamaan para ahli pertenunan yang telah mengenal berbagai macam teknik pertenunan dari macam-macam daerah yang beraneka warna di Indonesia. Demikian pula waktu yang tidak sedikit diperlukan untuk mengumpulkan data-data, pengalaman kerja di lapangan di desa-desa.

Dari buku seperti penulis kerjakan, penulis menyadari keurangan-kekurangannya dan mengharapkan berbagai kritik untuk memperbaiki serta menyempurnakan isinya agar supaya dapat menambah pengertian mengenai: 1) Macam-macam tekstil tradisional di Indonesia yang bersangkut-paut dengan aneka masyarakat dan adat istiadat; 2) Teknik-teknik tenun tradisional yang merupakan warisan budaya nenek moyang yang perlu dipelihara.

Meskipun tidak lepas dari kesulitan-kesulitan bahan kepustakaan dan pekerjaan di lapangan, penulis berusaha sedapat mungkin memperoleh data-data di sekitar Jakarta dan dari koleksi Museum Pusat sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...