Jumat, 05 Januari 2018

Flores Timur Underwater


Judul
:
Flores Timur Underwater
Editor
:
Muljadi Pinneng Sulungbudi
Penerbit
:
Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur
Tahun Cetak
:
2016
Halaman
:
118
Harga
:
Rp. -
Status
:
Kosong

Letak geografis Provinsi Nusa Tenggara Timur berada pada titik koordinat 80-120 lintang selatan dan 118-1250 bujur timur yang memiliki 1.192 pulau besar dan kecil di mana 432 pulau sudah memiliki nama serta 44 pulau lainnya telah berpenghuni. Provinsi Nusa Tenggara Timur memiliki iklim kering dan 4 bulan basah dengan luas wilayah daratan kurang lebih 47.349,9 Km² dan luas laut kurang lebih 200.000 Km² yang didalamnya terdapat wilayah administrasi 21 kabupaten dan 1 (satu) kota, 306 kecamatan dan 3.268 desa/kelurahan. Provinsi Nusa Tenggara Timur merupakan provinsi kepulauan yang wilayahnya disatukan Laut Sawu dan Selat Sumba. Merupakan wilayah terdepan di selatan Indonesia yang berbatasan darat dengan Negara Timor Leste dan batas laut dengan Australia serta memiliki 5 pulau terdepan yakni Alor, Batek, Ndana dan Mengkudu. Kawasan ini menyimpan potensi pariwisata yang beragam dan indah, eksotik dan unik. Di Manggarai Barat ada Varanus komodoensis dan manusia purba Homo florensiesis ada di Liang Bua Manggarai. Kampung tradisional Bena dan Taman Laut Pulau Riung serta Danau Tiga Warna Kelimutu dan Museum Bung Karno yang terdapat di Ende. Sikka dengan panorama taman laut, Lembata dengan tradisi Berburu Ikan Paus dan Alor dengan keajaiban pesona bawah laut berkelas dunia. Di Timor ada suku tradisional Boti, di Sumba ada Kampung Megalitik dan tahun ini Hotel Nihiwatu di Kabupaten Sumba Barat mendapat penghargaan sebagai hotel terbaik. hal ini merupakan suatu kebanggaan bagi Provinsi Nusa Tenggara Timur. di Kabupaten Flores Timur ada Saman Santa yang dilaksanakan setiap tahun pada masa menjelang Paskah. Sejak bertekad menjadi Provinsi Pariwisata, Nusa Tenggara Timur menyingkap lembar demi lembar potensi yang mengundang decak kagum.

Tahun 2014 saya dengan bangga menyajikan Alor Underwater ke ranah penikmat wisata bawah laut. Pesona bawah laut Alor kini telah menjadi perhatian dunia. Para penikmat wisata bawah laut terus membicarakan keindahan bawah laut Alor.

Tahun 2015 dengan kebanggaan yang sama, sebagai Gubernur, saya kembali menyajikan pesona bawah laut Lembata. Keindahan keragaman biota laut serta panorama alam bawah lautnya menjadi tujuan diving kelas dunia yang baru.

Tahun 2016 dengan semangat yang sama. Kembali saya menyampaikan keindahan alam bawah laut Selat Meko dan Meko Atols, salah satu pulau yang terletak di sebelah timur Pulau Adonara Kabupaten Flores Timur tepatnya di antara Desa Meko dan Kepualauan Meko yang indah dan berkelas dunia yang baru pula.

Untuk mempromosikan pariwisata di Nusa Tenggara Timur diperlukan media promosi karena potensi pariwisata Nusa Tenggara Timur khususnya di Kabupaten Flores Timurtidak kalah indah dan menarik jika dibandingkan dengan pariwisata di provinsi lain di Indonesia. Untuk itu kita harus gencar melakukan promosi agar pariwisata di Nusa Tenggara Timur dikenal di tingkat regional maupun internasional sebab pariwisata adalah suatu investasi yang dapat memberi konstribusi positif bagi peningkatan pendapatan daerah Nusa Tenggara Timur khususnya Kabupaten Flores Timur. saya percaya Buku Flores Timur Underwater akan berkesan dan menjadi media informasi bagi pembaca dan menggugah pembaca untuk datang ke NTT, wilayah wisata baru kelas dunia.

Mari berwisata ke Nusa Tenggara Timur sebagai destinasi unik dan menarik. Terima Kasih (Drs. Frans Lebu Raya, Gubernur Nusa Tenggara Timur).  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...