Sabtu, 11 November 2017

Timor Timur Satu Menit Terakhir, Catatan Seorang Wartawan

Judul
:
Timor Timur Satu Menit Terakhir, Catatan Seorang Wartawan
Penulis
:
CM Rien Kuntari
Penerbit
:
MIzan
Tahun Cetak
:
2008
Halaman
:
483
ISBN
:
978-979-433-537-6
Harga
:
Rp. 90.000
Status
:
Ada

Melipust konflik adalah tugas sehari-hari Rien Kuntari, wartawan Kompas. Dia telah memasuki medan-medan perang paling berbahaya, termasuk Rwanda, Irak, dan Kamboja. Tapi, di antara semua wilayah konflik yang pernah dia liput, Timor Timur adalah yang paling sulit, paling membahayakan, dan sekaligus paling mengesankan.

Sebagai seorang wartawan yang dituntut bersikap objektif dan cover both sides, Rien menghadapi dilema. Sebagai seorang wartawan asal Indonesia, dia bisa dicurigai sebagai pro-otonomi oleh kelompok pro-kemerdekaan. Sebaliknya, lantaran dapat mengakses beberapa tokoh kunci CNRT, dia juga dituduh pro-kemerdekaan. Dan kecurigaan di medan konflik berarti berada di tubir kematian.

Inilah catatan seorang wartawan atas peristiwa-peristiwa dramatis menjelang, selama, dan setelah jajak pendapat di Timor Timur tahun 1999 – sebuah segmen amat penting dalam garis sejarah bangsa Indonesia. Ditulis dengan keberanian seorang “syahid”, kejujuran seorang jurnalis tulen, dan ketulusan seorang “manusia” – a true human being. Tak berlebihan jika buku ini layak dicatat sebagai sebuah dokumen kemanusiaan (humane documentary).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...