Rabu, 08 November 2017

Kerusuhan Sosial di Indonesia Studi Kasus Kupang, Mataram dan Sambas

Judul
:
Kerusuhan Sosial di Indonesia Studi Kasus Kupang, Mataram dan Sambas
Editor
:
Riza Sihbudi & Moch. Nurhasim
Penerbit
:
PT. Grasindo, Kantor Menteri Negara Riset dan Teknologi RI & LIPI
Tahun Cetak
:
2001
Halaman
:
242
ISBN
:
978-979-695-619-5
Harga
:
Rp. 80.000
Status
:
Ada

Apa sesungguhnya yang menjadi akar kerusuhan sosial di Indonesia? Faktor sosial ekonomi? Persaingan antaretnis? Pembagian kue pembangunan yang tak adil. Ulah provokator? Ataukah ada campur tangan orang luar?

Ternyata, jawabannya tidak sesederhana membalik telapak tangan dan tak bisa asal menunjuk salah satu penyebab. Hasil penelitian –yang pada gilirannya dapat dijadikan rekomendasi untuk perencanaan pembangunan daerah dan SDM- di tiga daerah kerusuhan yakni Kupang, Mataram, dan Sambas ini menunjukkan bahwa banyak faktor penyebab kerusuhan. Kadang faktor itu kait-mengait, tak jarang akar kerusuhannya sendiri sengaja dipicu oleh para petualang politik yang sengaja memanfaatkan kerawanan konflik sosial untuk tujuan tertentu.

Perencana pembangunan, peminat masalah sosial, budaya, politik, ekonomi dan siapa saja yang peduli pada nasib dan masa depan bangsa, perlu membaca buku ini. Setelah mafhum duduk perkara kerusuhan sosial, pada gilirannya dapat ditemukan pemecahan masalah secara tuntas dan menyeluruh.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...