Sabtu, 04 November 2017

Kekuasaan dan Moral Politik Ekonomi Masyarakat Indonesia Baru

Judul
:
Kekuasaan dan Moral Politik Ekonomi Masyarakat Indonesia Baru
Penulis
:
Frans Seda
Penyunting
:
J. Philip Gobang dkk
Penerbit
:
Grasindo
Tahun Cetak
:
1996
Halaman
:
581
ISBN
:
979-553-978-7
Harga
:
Rp. 125.000
Rp. 150.000 (HC, bertanda tangan asli)
Status
:
Ada

Tulisan-tulisan Frans Seda dalam buku ini membiaskan ketokohannya sebagai political economist tangguh. Ia tidak pernah benar-benar pensiun dari panggung politik dan pentas ekonomi nasional. Pikiran-pikiran aktual tentang berbagai persoalan politik dan ekonomi di negeri ini selalu diungkapkan secara tajam, kritis, lugas dan komprehensif.

Bagian pertama tulisannya membahas situasi dan kondisi politik tahun 90-an. Seperti diakui Seda, latar belakang pandangan politiknya banyak dipengaruhi oleh pandangan-pandangan politik dwitunggal Soekarno-Hatta. Dengan kata lain. Tolok ukurnya jelas, yaitu res publica, atau kekuasaan yang dikontrol dan dipertanggungjawabkan secara transparan di hadapan rakyat. Mekanisme yang dipilih terletak pada sebuah proses politk yang menolak negara absolutis kekuasaan dan memilih bentuk negara kedaulatan rakyat atau demokratis. Tentu yang berdaulat rakyat dan bukan elit, penguasa dan kelompok, agama tertentu atau kepentingan tertentu.

Tolok ukur ini akan mengalami tantangan ketika rakyat dipolitisasi dalam pembodohan yang  menggolongkannya sebagaimana massa mengambang. Apalagi jika proses-proses politik dilaksanakan bukan di dataran rakyat, melainkan ditentukan di kamar-kamar birokrasi yang tertutup di tingkat elit dan melalui pendekatan keamanan yang ketat.

Tantang ini akan semakin dahsyat bilamana proses politik tidak dilakukan dengan tatakrama, apalagi yang melupakan moralitas sehingga mengabdikan politik hanya untuk kepentingan sendiri dengan segala macam kekerasan, main paksa, ketidakadilan dan kemunafikan. Pada akhrinya, cara ini menimbulkan krisis kepercayaan tidak hanya pada sistem yang berlaku, tapi juga pada segi kepemimpinan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...