Kamis, 13 Juli 2017

Rote Ndao Mutiara dari Selatan

Judul
:
Rote Ndao Mutiara dari Selatan, Falsafah dan Pandangan Hidup Suku Rote tentang Lontar
Penulis
:
Andre Z. Soh & Maria N. D. K. Indrayana
Penerbit
:
Yayasan Kelopak
Tahun Cetak
:
2008
Halaman
:
294
ISBN
:
978-979-15415-1-0
Harga
:
-
Status
:
Kosong

Buku Rote Ndao Mutiara dari Selatan ini memperkenalkan sejarah Rote dengan keberadaan leo-leo (marga) dalam konteks hubungan kekerabatan masyarakat Rote. Kemudian menguraikan kebudayaan lontar di Pulau Rote yang dikaitkan dengan kehidupan seni dan sastra, benda-benda kebudayaan yang dihasilkan serta falsafah yang ada pada setiap proses dan hasil dari setiap interaksi masyarakat Rote dengan pohon lontar. Sehingga buku ini dapat membuka cakrawala berpikir lebih luas tentang kebudayaan masyarakat Rote dan problematika kehidupannya yang berakar dari kebudayaan leluhur.  

Dalam buku ini memaparkan berbagai macam istilah dari setiap proses penyadapan seperti edan yang berarti memasang tangga buatan dengan membuat takik pada batang pohon lontar. Ada juga maolen yang artinya membersihkan bulir-bulir mayang lontar, sedangkan mengiris bulir-bulir mayang untuk menyadap disebut dengan soen atau sada dan masih banyak lagi. Begitu juga dengan proses pembuatan nira (tuak) menjadi gula air (tua nasu), kemudian menjadi gula lempeng atau gula batu (tua batu) hingga menjadi gula pasir lontar (tua batu meni). Dengan demikian dari cara menyadap, alat-alat yang digunakan, pantangan dan cara mengelola nira menunjukkan sebuah tradisi turun temurun dari masyarakat Rote Ndao.

Menarik juga dalam buku ini yang sedikit menjelaskan konsep kekeluargaan dalam istilah to’o bagi masyarakat Rote. Ternyata sebutan bagi saudara laki-laki dari pihak ibu ini begitu magis dan sakral. Begitu pentingnya kedudukan sebagai paman atau om, dikarenakan seorang to’o akan menjadi perantaraan penting bagi keponakannya, terutama dalam hal perkawinan, kematian, pembagian warisan hingga urusan adat lainnya. Bahkan di kehidupan modern seperti ini panggilan to’o bagi masyarakat Rote adalah sebuah penghargaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...