Rabu, 12 Juli 2017

Operasi Seroja di Timor-Timur Dahulu Kami Berjuang untuk Negara

Judul
:
Operasi Seroja di Timor-Timur Dahulu Kami Berjuang untuk Negara, Sebuah Kisah dari Kolonel Infantri (Purn) Michael Roderick Ronny Muaya, Pejuang Veteran Eks Timor-Timur Desember 1975 – Desember 1978
Penulis
:
Bobby Revolt
Penerbit
:
Matapadi Presindo
Tahun Cetak
:
2017
Halaman
:
134
ISBN
:
978-602-1634-22-6
Harga
:
Rp. 62.000
Status
:
Ada

Tidak banyak buku yang mendalami pengalaman personal dari para prajurit yang berkeringat dan bersimbah darah di tengah medan perang. Suara mereka lebih banyak tenggelam di balik riuh analisa para analis dan pemimpin yang jauh dari bau mesiu. Yang mereka tahu hanyalah menjalankan perintah dan berusaha bertahan di tanah yang asing, di antara kepungan musuh yang terus mengancam, tanpa sepenuhnya mengerti latar dari misi mereka dalam Operasi Seroja yang penuh arah tersebut.

Tulisan tentang Kolonel Infantri (Purn) Michael Roderick Ronny Muaya adalah catatan intim dari pengalaman yang ia hadapi di tengah medan pertempuran yang membuatnya harus kehilangan lengan kirinya, jauh dari riuh perdebatan politik dan kontroversi para sejarawan, ia hanya menulis hari-hari panjang yang dilalui bersama sejawatnya di medan perang, kawan-kawan seperjuangan yang tidak semuanya bisa kembali pulang ke kampung halaman dengan selamat. Bahkan ketika ia akhirnya kembali dari Timor-Timur akibat luka parah yang dideritanya, perang tidak sepenuhnya berakhir bagi seorang prajurit Micha. Cacat tubuh yang dideritanya membuatnya harus bergelut dalam perang personal yang menghantui; keberadaannya yang canggung di dunia militer yang menuntut kesempurnaan fisik dan tanggung jawabnya untuk menghidupi keluarga sebagai seorang ayah dan suami. Namun, dengan segala beban yang harus dijalaninya, ia adalah seorang prajurit yang telah membuktikan baktinya terhadap negara dan keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...