Rabu, 05 Juli 2017

Ata Pu’an Tatanan Sosial dan Seeremonial Tana Wai Brama di Flores

Judul
:
Ata Pu’an Tatanan Sosial dan Seeremonial Tana Wai Brama di Flores
Penulis
:
Dr. E. Douglas Lewis
Penerbit
:
Ledalero
Tahun Cetak
:
2012
Halaman
:
596
ISBN
:
979-944-702-x
Harga
:
Rp. 110.000
Status
:
Kosong

Ata Pu’an adalah laporan etnografis pertama tentang Ata Tana ‘Ai, “Orang dari Negeri Hutan”, yang mendiami wilayah Tana ‘Ai di barisan pegunungan di bagian timur Flores, Indonesia. Diangkat dari lima tahun penelitian lapangan antropologi di Flores sejak tahun 1977, buku ini memusatkan perhatian pada tatanan sosial dan ritual di tana Wai Brama, salah satu dari tujuh ulayat seremonial yang membentuk Tana ‘Ai.

Ata Pu’an lebih daripada sekedar etnografi tentang sebuah masyarakat yang sebelumnya tidak terkomendasikan. Berawal dari gagasan-gagasan tentang asal usul Tana Wai Brama sebagaimana dikisahkan dalam berbagai hikayat lisan yang dituturkan para juri ritus di ulayat itu, sang pengarang menyajikan corak-corak masyarakat Tana ‘Ai yang berbeda dari pola-pola yang lazim di seluruh kawasan timur Indonesia: pencarian aka nasal usul, pelimpahan kewenangan, penggunaan aneka ragam metafora tentang kehidupan, serta pendayagunaan penuh semangat atas pelbagai kategori rangkap, semisal lelaki/perempuan, tua/muda, serta pusat/peinggiran, yang diberi nada puitis dalam satu bahasa ritual metaforis yang elok. Buku Lewis ini karenanya terbilang sangat penting dari sisi tilik kajian banding etnografis.

Ketika memperagakan bagaimana struktur keturunan merupakan hasil dari sebuah pola perkawinan, Lewis menunjukkan pelbagai dinamika sistem sosial Tana ‘Ai secara keseluruhan. Penerbitan buku ini karenanya memberi andil bukan hanya bagi pemahaman kita tentang kawasan timur Indonesia, melainkan juga bagi pengembangan sebuah bentuk analisis yang diilhami Annè Sociologique serta tradisi antropologis Leiden.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...