Senin, 22 Mei 2017

Tuhan Mati di Biara

Judul
:
Tuhan Mati di Biara, Kumpulan Cerita
Penulis
:
Hans Hayon
Penerbit
:
Nusa Indah
Tahun Cetak
:
2016
Halaman
:
178
ISBN
:
979-429-367-9
Harga
:
Rp. 60.000
Status
:
Kosong

Cerpen-cerpen Hans memang amat kaya dengan analogi san simbolisme. Penulis menunjukkan pengamatannya yang tajam atas keseharian manusia dan kefasihannya membuat perbandingan yang cerdas. Cerpen-cerpen yang dikumpulkan di sini tidak hanya kaya dengan analogi cerdas seperti di atas. Kisah-kisah yang dikumpulkan di sini adalah analogi-analogi yang tidak membiarkan pembaca menyelesaikannya dengan rasa puas… ketika kebenaran itu telah mati di mana-mana. Tak terkecuali di biara. (Dr. Paul Budi Kleden, tinggal di Roma)

“Nosse Deum, Posse Mori”. Pepatah Latin itu mengatakan “mengenal Allah berarti mengenal kematian”. Meskipun pada kenyataannya, yang disampaikan oleh Hans lewat karya-karyanya ini adalah kebalikannya; mengenal kematian adalah (cara) mengenal Allah. (Dedy Tri Riyadi, Jakarta)

Tiap cerpen dalam buku ini mempunyai benang merah terlihat samar walau terjalin kuat yaitu “iman”. Cerpen dengan tema serupa harus sering dipublikasikan sehingga kehidupan spiritual berkembang, bukan hanya terbatas pada dogma, indahnya jubah dan semerbak dupa. (Vika Kurniawati, Yogyakarta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...