Senin, 08 Mei 2017

Lembata Negeri Kecil Salah Urus

Judul
:
Lembata Negeri Kecil Salah Urus
Penulis
:
Steph Tupeng Witin
Penerbit
:
Nusa Indah
Tahun Cetak
:
2016
Halaman
:
324
ISBN
:
979-429-357-1
Harga
:
Rp. 83.000
Status

Ada

Tokoh-tokoh Lembata yang mendeklarasikan Tekad 7 Maret dulu, pasti punya mimpi besar. Mimpi tentang Lembata ke depan. Tentu bukan mimpi kosong di siang bolong, melainkan sebuah mimpi yang membangun semangat dan tekad untuk mewujudkan Lembata yang otonom untuk kesejahteraan dan kemakmuran seluruh rakyatnya.

Perjuangan memang makan waktu panjang. Dicetuskan sejak tahun 1954, otonomi yang diinginkan itu baru terwujud pada tahun 1999. Toh, perjuangan menuju kesejahteraan dan kemakmuran rakyat itu masih jauh, bahkan baru saja dimulai dengan tercapainya otonomi itu. Kini, setelah hampir tujuh belas tahun, bagaimana kabar Lembata? Sudah berapa banyak kemajuan dicapai di bawah bendera otonomi? Perubahan apa saja yang sudah rakyat nikmati?

Buku kecil di tangan pembaca ini adalah sebuah upaya dari seorang putra daerah asli Lembata untuk menginventarisir persoalan-persoalan Lembata dewasa ini, juga sebuah kritik tajam dan pedas atas realitas sosial, politik, ekonomi dan budaya di kabupaten-pulau itu. Sebuah upaya cerdas yang mengajak pembacanya untuk ikut memikirkan nasib Lembata ke depan.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...