Kamis, 04 Mei 2017

Filsafat Postmodernisme Jean-François Lyotard

Judul
:
Filsafat Postmodernisme Jean-François Lyotard
Penulis
:
Willy Gaut
Penerbit
:
Ledalero
Tahun Cetak
:
2010
Halaman
:
168
ISBN
:
978-979-94-4755-8
Harga
:
Rp. 50.000
Status
:
Kosong

Postmodernisme telah menjadi salah satu tema diskusi filsafat masa kini. Kajian berhaluan postmodernisme dalam bidang filsafat pada galibnya merupakan kritik atas filsafat modern. Perbincangan seputar postmodernisme di bidang ini mustahil tanpa menyebut nama Jean-François Lyotard (1924-1998). Popularitas Lyotard sebagai seorang pemikir garda depan postmodernisme tentu berkaitan dengan jasa besarnya membawa dan menerapkan istilah dan pengertian postmodernism eke dalam diskursus filosofis.

Dalam buku ini. Penulis membahas sejumlah hal berkaitan dengan hakikat postmodernisme umumnya, berikut tesis-tesis kunci filsafat postmodernisme Lyotard dan beberapa poin penjabaran atas topik masalah status pengetahuan ilmiah. Uraian tentang masalah status pengetahuan ilmiah mendapat porsi khusus mengingat posisi penting kajian tentang topic ini dalam wacana filsafat postmodernisme Lyotard.

Selanjutnya, penulis mengajukan tanggapan kritis guna memeriksa inkonsistensi internal dan irrelevansi eksternal dari sejumlah gagasan Lyotard yang dibahas dalam buku ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...