Jumat, 12 Mei 2017

Budaya Nage, Perjalanan Hidup Orang Nage di Nagekeo

Judul
:
Budaya Nage, Perjalanan Hidup Orang Nage di Nagekeo
Penulis
:
Cyrilus Bau Engo

Editor
:
Fr. Dr. M. Monfoort, BHK, SE, M.Pd., M.M., M.H.
Penerbit
:
Pemerintah Kabupaten Nagekeo & Penerbit Nusa Indah
Tahun Cetak
:
2016
Halaman
:
157
ISBN
:
979-429-372-5
Harga
:
Rp. 65.000
Status
:
Ada

Setiap suku, bangsa dan etnis hidup dalam sebuah kebudayaan yang dihayati bersama. Etnis Nage, yang merupakan etnis masyarakat di Kabupaten Nagekeo, Flores mewujudkan kehidupan budayanya dalam berbagai upacara, ritual dan pesta adat, kemudian berusaha menghayati nilai-nilainya dalam kehidupan harian mereka.

Upacara dan ritus adat Etnis Nage berkaitan dengan perjalanan hidup manusia sejak dalam rahim ibu hingga masuk ke dalam rahim bumi. Tahapan-tahapan pelaksanaan ritus kebudayaan itu meliputi: masa kehamilan (ne’e weki lo); kelahiran (ka’o ma’u); pendewasaan (koa ngi’i/gedho loza); perkawinan (pasa fai laki weki); pengukuhan dan pembebasan (tau ngi’ i’ae); dan kematian (boka mata le e’e). Masing-masing ritus tahapan ini memiliki aneka simbol yang maknanya tidak hanya dihayati dengan baik dan benar dalam pelaksanaan ritus itu, tetapi juga harus diwujudnyatakan dalam kehidupan harian. Semangat gotong royong (to’o jogho waga sama), dan saling membantu (kua kesa boza penu) dari semua masyarakat dalam ritus-ritus itu mau menunjukkan bahwa semua upacara dan ritus adat yang ada hendaknya tetap dilaksanakan karena dengan cara demikian mereka dapat membangun keharmonisan relasi antara sesama, alam dan Tuhan, sekaligus tanda identitas Etnis Nage.

Buku ini tidak hanya memaparkan berbagai informasi tentang berbagai ritual adat dan budaya masyarakat Nage, tetapi juga nilai-nilai yang sudah membudaya yang dianut oleh masyarakat Nage. Informasi yang diberikan buku ini sangat membantu pemerintah untuk mengambil kebijakan pembangunan masyarakat Nagekeo. Sedangkan untuk para pemerhati dan peneliti kebudayaan, buku ini merupakan sumber informasi yang sangat berguna untuk lebih mendalami dan mempelajari masyarakat Nage. 

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...