Kamis, 02 Maret 2017

Timor Target

Judul
:
Sepuluh tahun tragedi Timtim: Timor Target
Penulis
:
Kristio Wahyono
Penerbit
:
Krueng Aceh
Tahun Cetak
:
2009
Halaman
:
371
ISBN
:
978-979-18984-0-9
Harga
:
Rp. 80.000
Status
:
Ada

Tidak banyak buku atau literature yang ditulis oleh putera Indonesia sendiri mengenai Timor Timur atau Timor Leste. Penyebabnya mungkin selain hambatan psikologis, juga obyek permasalahaan dianggap tidak sebanyak atau barangkali tidak semenarik dibandingkan dengan topic kawasan lainnya.

Almarhum Ali Alatas, mantan Menteri Luar Negeri Indonesia pada 2006 telah menulis Pebble in the shoe: the diplomatic struggle for East Timor, suatu perjuangan diplomatik dalam menyelesaikan masalah Timor Timur yang merupakan atau diibaratkan kerikil dalam sepatu. Diuraikan secara kronologis sejarah, latar belakang pengambilan keputusan, agar khalayak dapat memperoleh gambaran yang lengkap dan jelas apa yang sebenarnya terjadi, sehingga dapat mengimbangi puluhan buku mengenai Timor Timur yang justru banyak ditulis orang asing.

Buku “TIMOR TARGET” ini lebih banyak mengandung analisa dan opini pribadi. Ada ciri memoir, tetapi sangat terbatas karena saya hanya 3 tahun 3 bulan dalam penugasan sekaligus menanganinya. Tidak hanya berdimensi akademis, tetapi lebih kepada uraian populis. Kemungkinan ketidak-akuratan analisa, ketidak-lengkapan data atau sasaran yang miring, ada, disamping uraian yang tidak kronologis. Saya juga menyadari sistematika dan gaya penulisan yang mungkin tidak cocok untuk pembaca tertentu.

Namun satu hal yang dapat saya sampaikan di sini adalah bahwa buku ini dimaksudkan sebagai upaya mengungkapkan salah satu sisi mata uang dari sisi lain yang menjadikan Timor Timur sebagai target. Pemilihan judul juga dimaksudkan untuk mengajak khalayak agar tulisan dalam buku ini dapat diikuti oleh semua kalangan pembaca yang tidak hanya terbatas pada mahasiswa dan kalangan intelektual saja, tetapi kepada siapapun yang ingin membaca seperti membaca novel dengan rileks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...