Minggu, 12 Maret 2017

Republik Indonesia Provinsi Sunda Ketjil

Judul
:
Republik Indonesia Provinsi Sunda Ketjil
Penerbit
:
Kementerian Penerangan
Tahun Cetak
:
1953
Halaman
:
245
ISBN
:
-
Harga
:
Rp. 90.000 (Fc)
Status
:
Ada

Sesuai dengan instruksi Kementerian Penerangan dalam konperensi dinas Penerangan seluruh Indonesia di Djakarta pada tanggal 28 s/d 30 Djuli 1952, maka tiap-tiap Djawatan Penerangan Provinsi di seluruh Indonesia akan menghidangkan suatu buku-peringatan tentang sedjarah perdjuangan dan pembangunan dalam propinsi masing-masing, tepat pada Hari Ulang Tahun Kemerdekaan jang ke VIII, tanggal 17 Agustus 1953.

Sesungguhnja sedjak berdirinja Djawatan Penerangan Propinsi Sunda Ketjil pada tanggal 1 Desember 1950 sebagai consequentie dari terbentuknja Negara Kesatuan, pada bulan Pebruari 1951 telah dipersembahkan pula oleh Djawatan tersebut kepada masjarakat suatu buku-peringatan “Sunda Ketjil selayang pandang”, dalam bentuk jang sangat sederhana, dengan maksud memperkenalkan kepulauan Sunda Ketjil, jang dalam masa jang lampau masih merupakan “de vergeten gebieden”.

Bapak Gubernur pertama daripada Pemerintahan Propinsi Sunda Ketjil dalam Negara Kesatuan adalah Mr. Susanto Tirtoprodjo, terkenal sebagai Pak Santo. Kemudian dengan diangkatnja beliau selaku Kuasa Usaha di Nederland, maka pimpinan Pemerintahan Propinsi Sunda Ketjil dipegang oleh P. D. Gubernur Pak Sarimin Reksodihardjo pada bulan April 1952, dan sedjak bulan Mei tanggal 6 tahun 1953 telah dilantik sebagai Gubernur.

Sedjak terbentuknja Propinsi Sunda Ketjil sehingga sekarang ini, djadi dalam masa tiga tahun, telah dapat didjalankan perubahan dan pembangunan dalam berbagai lapangan, walaupun masih banjak pula terdapat persoalan-persoalan jang meminta perhatian, baik persoalan-persoalan lama, maupun persoalan-persoalan baru. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...