Senin, 20 Maret 2017

Kamus Pengantar Bahasa Abui

Judul
:
Kamus Pengantar Bahasa Abui, Abui – Indonesian – English Dictionary
Penyusun
:
Dr. František Kratochvíl Ph.D. & Bpk. Benidiktus Delpada
Penerbit
:
Universitas Leiden, Belanda dan Unit Bahasa dan Budaya, GMIT
Tahun Cetak
:
2008
Halaman
:
299
ISBN
:
978-1-86892-593-3
Sumber
:
Download
:

Kamus ini merupakan kamus Bahasa Abui yang ketiga. Yang pertama diterbitkan oleh Martha M. Nicolspeyer (1940), tetapi tidak pernah diterbitkan di Indonesia. Daftar kata Bahasa Abui juga diterbitkan oleh pemerintah kolonial Belanda dan diterbitkan ulang oleh Wim Stokhof (1975). Teks-teks yang dikumpul oleh Cora Du Bois dan Martha M. Nicolspeyer diteliti juga oleh Wim Stokhof (1984).

Kamus yang kedua diterbitkan di dalam buku tata bahasa untuk Bahasa Abui yang ditulis dalam Bahasa Inggris (Kratochvíl 2007). Kamus ini disusun dalam tiga bahasa, yakni bahasa Abui, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Selain itu, kami juga memasukkan daftar kata dalam Bahasa Melayu Alor (Bahasa Pasar) karena banyak istilah dapat diterjemahkan langsung dalam bahasa itu.

Para penyusun menyadari ketidaklengkapan kamus ini. Bukannya Bahasa Abui tidak mempunyai kata yang cukup, tetapi para penyusun masih membutuhkan banyak waktu untuk menyempurnakan kamus ini dengan kata-kata dari dialek-dialek dan berbagai nilai bahasa.

Kamus ini diatur dengan software Toolbox, Lexique Pro dan Multi-Dictionary Formatter yang didistribusikan oleh SIL International. Para penyusun diinspirasikan oleh Kamus Pengantar Bahasa Kupang (Jacob & Grimes 2003), dan oleh Kamus Pengantar Bahasa Pantar Barat (Holton & Lamma Koly 2007).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...