Sabtu, 25 Maret 2017

Buku Saku Warga Negara Indonesia di Timor-Leste

Judul
:
Buku Saku Warga Negara Indonesia di Timor-Leste
Penyusun
:
-
Penerbit
:
Kedutaan Besar Republik Indonesia, Dili Timor-Leste
Tahun Cetak
:
2013
Halaman
:
110
ISBN
:
-
Sumber
:
Download
:

Setelah lebih 10 tahun dibukanya hubungan diplomatik antara Republik Indonesia dan Republik Demokratik Timor-Leste pada tahun 2002, hubungan dan kerja sama bilateral kedua negara terus meningkat di berbagai bidang. Seiring dengan peningkatan kerja sama tersebut, semakin banyak Warga Negara Indonesia (WNI) dan Badan Hukum Indonesia (BHI) yang saat ini berdiam, bekerja dan menjalankan profesi, dan memiliki usaha di Timor-Leste. Menurut catatan KBRI – Dili, jumlah WNI yang berdiam di Timor-Leste mencapai lebih dari 6000 orang, sementara badan hukum Indonesia yang memiliki usaha di Timor-Leste mencapai 1049. Jumlah WNI dan BHI yang berdiam dan berada di Timor-Leste diperkirakan akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang.

Salah satu tugas pokok dan fungsi KBRI Dili, sebagaimana menjadi tugas pokok semua Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, adalah memberikan bantuan perlindungan dan dukungan kepada WNI dan BHI agar keberadaan mereka aman, tertib dan sesuai ketentuan perundangan baik di Indonesia maupun di Timor-Leste. Upaya tersebut juga menjadi prioritas kebijakan Pemerintah Republik Indonesia dan menjadi misi utama KBRI Dili.

Pada hakekatnya WNI maupun BHI di luar negeri, termasuk di Timor-Leste, merupakan duta-duta bangsa yang melalui peranan dan tanggung jawabnya masing-masing memberikan kontribusi tidak hanya untuk memajukan kepentingan nasional Indonesia, tetapi juga bagi peningkatan kerja sama dengan negara, bangsa dan pemerintah di mana mereka tinggal. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...