Rabu, 08 Maret 2017

Beta Orang Kupang, Mengenal John Haba Lewat Para Sahabat

Judul
:
Beta Orang Kupang, Mengenal John Haba Lewat Para Sahabat
Editor
:
Robert Siburian
Penerbit
:
Yayasan Pustaka Obor Indonesia
Tahun Cetak
:
2017
Halaman
:
317
ISBN
:
978-602-433-431-4
Harga
:
Rp. 110.000
Status
:
Ada

Buku ini dibuat sebagai bentuk apresiasi para penulis terhadap John Haba, seorang Profesor Riset di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Apresiasi yang dituangkan oleh para sahabat John Haba dalam bentuk tulisan ini, tidak lepas dari relasi yang terbangun antara penulis dengan John Haba, baik dalam kegiatan penelitian, pertemanan, bahkan lewat pemikiran John Haba yang ditulis baik di buku, jurnal, surat kabar, maupun lewat penyajian makalah. Oleh sebab itu, pengalaman penulis berinteraksi dengan John Haba lebih pada hubungan personal. Kendati demikian, pengalaman yang sama antara satu penulis dengan penulis lain mungkin saja terjadi.

Kehadiran buku ini tidak bermaksud untuk mengkultuskan John Haba, tetapi lebih pada upaya untuk mengetahui sosok John Haba dalam keseharian dan juga pemikiran yang mungkin tidak banyak diketahui orang. Hubungan yang terjadi antara John Haba dengan para sahabat itu dapat menjadi bahan renungan, dan hasilnya dapat dipetik oleh pembaca untuk menjalani hidup pada masa mendatang.

"Karena itu janganlah heran kalau buku kenangan untuk John Haba ini adalah sebuah "bunga rampai" tentang berbagai corak aktivitas penelitian ilmu sosial. Buku ini berkisah tentang keragaman topik dan wilayah geografis serta ikatan etnis-kultural yang menjadi sasaran penelitian. Maka hutan belantara, masyarakat terasing, dan penghuni pinggiran hutan belantara serta sungai yang deras dan laut yang dalam tampil sebagai "pemandangan" yang mengasyikkan, meskipun hanya dalam untaian kata.

Buku ini berkisah pula tentang berbagai aktivitas intelektual sang tokoh serta permasalahan teori dan asumsi yang dipakaikan John Haba dan kawan-kawannya dalam usaha memahami dan merekonstruksi corak struktur dan dinamika masyarakat yang diteliti.

Tidak kurang pentingnya, buku ini juga memuat tinjauan pemikiran teologis dan filsafat sang tokoh.” (Prof. Dr. Taufik Abdullah / Kepala LIPI 2000-2002)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...