Rabu, 11 Januari 2017

Menelusuri Arsitektur Vernakular NTT seri I


Judul
:
Menelusuri Arsitektur Vernakular NTT seri I
Penulis
:
Benediktus Boli, Herman Fl. Harmans, Ignatius Herliyatno, Kristiana Bebhe, Reginaldo Oh. Lake
Editor
:
Reginaldo Oh. Lake
Kata Pengantar
:
Dr. Ir. Y. Djarot Purbadi, MT
Penerbit
:
Rumah Kayu
Tahun Cetak
:
2016
Halaman
:
151 hal. (21 x 14.8), Berwarna
ISBN
:
978-602-6222-01-5
Harga
:
Rp. 150.000
Status
:
Kosong
Karya arsitektur vernakular nusantara perlu digali aspek intelektualitasnya, agar kita memahami bagaimana kecerdasan nenek-moyang menciptakan karya arsitektur bagi dirinya. Upaya menelusiri dan memahami arsitektur nusantara merupakan satu tahapan penting agar dapat dijumpai spirit dan intelektualitas di balik karya arsitektur vernakular nusantara. Kalangan arsitek harus mampu menemukan dan memahami secara sungguh-sungguh tentang arsitektur vernakular sebagai bagian dari pusaka arsitektur di Indonesia.
Menelusuri keragaman budaya arsitektur merupakan tugas dan kewajiban anak bangsa agar harta warisan bangsa mendapat tempat yang selayaknya dalam arus kehidupan bangsa Indonesia. Pepatah “Tak Kenal maka Tak Sayang”, layaknya berlaku dalam upaya menelusuri harta pusaka bangsa ini agar keberadaannya benar-benar bermanfaat serta lestari sepanjang masa.

Menelusuri adalah aktivitas mencari jejak dan keberadaan karya arsitektur vernakular yang perlu ditemukan kembali dan dipahami. Artinya, kata kunci yang harus dipegang adalah APA dan BAGAIMANA keberadaan karya arsitektur vernakular di Indonesia. Usaha menelusuri harta karun Arsitektur Nusantara itu harus menj adi gerakan yang terus menerus dikerjakan tanpa henti, baik yang berorientasi ke masa lalu, masa kini dan masa depan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...