Kamis, 05 Januari 2017

Kenang-Kenangan Pangrehpraja Belanda 1920-1945

Judul
:
Kenang-Kenangan Pangrehpraja Belanda 1920-1945
Penyunting
:
S. L. Van der Wal
Penerbit
:
Djambatan
Tahun Cetak
:
2001
Halaman
:
380
ISBN
:
979-428-418-1
Harga
:
Rp. 85.000
Status
:
Kosong


Buku ini banyak memberikan informasi tentang pekerjaan para pejabat Binnenlands Bustuur (BB) Belanda pada zaman colonial. Tentu pejabat BB itu alat adalah perkakas suatu kekuasaan penjajah dan tujuan mereka jelas yaitu melanggengkan kolonialisme Belanda di Nusantara.

Namun demikian dalam melakukan tugas mereka bersikap tertib menurut hukum dan undang-undang yang berlaku. Apabila terjadi di daerah mereka sengketa tanah, perkelahian, tindakan pidana, maka mereka serta merta turun tangan untuk menyelesaikannya. Mereka dilatih agar teliti dalam mengelola kas keuangan daerah yang dipercaya kepada mereka. Satu sen pun tidak boleh kurang apabila terjadi pemeriksaan kas. Korupsi dicegah jangan sampai menghinggapi pejabat-pejabat pamongpraja.

Buku ini memberikan pemandangan tentang masyarakat Indonesia lebih dari setengah abad silam, tingkat penghidupan rakyat, pergerakan rakyat yang berpolitik untuk mencapai Indonesia Merdeka. Dalam buku ini terdapat tulisan seorang kontrolir di Larantuka 1937-1938 yakni J.J Hangelbroek yang menceritakan kisah penujukan bertugas di Larantuka yang merupakan ibu kota onderafdeling Flores Timur dan Kepulauan Solor. Selain itu juga terdapat tulisan yang diambil dari buku harian seorang kontrolir H. G Schulte Nordholt di Timor tentang pemerintahan di masa vakum kekuasaan yang mengisahkan invasi Jepang ke Pulau Timor tahun 1942-1945.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...