Selasa, 13 Desember 2016

Selayang Pandang Nusa Tenggara Timur

Judul
:
Selayang Pandang Nusa Tenggara Timur
Penulis
:
Gandes Cukat Permaty, S. Pd.
Penerbit
:
Intan Pariwara
Tahun Cetak
:
2008
Halaman
:
60
ISBN
:
979-28-0451-5
Harga
:
Rp. 25.000
Status
:
Kosong

Nusa Tenggara Timur merupakan wilayah kepulauan dengan empat pulau besar, yaitu Pulau Flores, Sumba, Timor dan Alor. Provinsi ini terkenal dengan komodo sebagai satwa endemik. Selain itu, nama cendana juga lekat dengan provinsi ini karena daerah ini merupakan tempat tumbuhnya tanaman cendana secara alami.

Potensi khas Nusa Tenggara Timur yang tidak dimiliki oleh provinsi lain adalah daerah padang rumput luas (sabana). Pada rumput ini berpotensi besar untuk pengembangan usaha peternakan. Berbagai kekayaan flora dan fauna juga dimiliki oleh provinsi ini.

Suku bangsa Sumba dan suku bangsa Sawu adalah sebagian suku yang mendiami provinsi ini. Suku-suku tersebut memiliki kekayaan budaya berupa bahasa, arsitektur, pakaian, tarian, alat musik, lagu daerah, seni kerajinan rakyat, upacara tradisional, senjata tradisional dan makanan khas. Tidak ketinggalan peninggalan sejarah seperti rumah pengasingan Bung Karno, Monumen Veteran Australia dan beberapa peninggalan yang lain melengkapi provinsi ini.

Jika ingin tahu lebih lanjut tentang Nusa Tenggara Timur, berselancarlah di Selayang Pandang Nusa Tenggara Timur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...