Rabu, 16 November 2016

Timor Timur Perginya Si Anak Hilang

Judul
:
Timor Timur Perginya Si Anak Hilang
Penulis
:
Lela E. Madjiah
Penerbit
:
Antara Pustaka Utama
Tahun Cetak
:
2002
Halaman
:
230
ISBN
:
979-9258-11-1
Harga
:
Rp. 70.000
Status
:
Ada

Pertikaian senantiasa menyisahkan dua hal: kemenangann dan kekalahan. Bagi Indonesia, lepasnya Timor Timur dari Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan kekalahan. Sebaliknya, kemerdekaan Timor Timur merupakan kemenangan bagi mereka yang dengan tak kenal lelah berjuang untuk memisahkan diri dari Indonesia.

Apakah memang sesederhana itu persoalannya?. Para pejuang integrasi menganggap kemerdekaan Timor Timur sebagai bentuk pengkhianatan Indonesia (baca: TNI). “TNI pengkhianat, kasih turun merah putih,” ungkap seorang pejuang integrasi.

Perasaan marah dan putus asa menghinggapi para pejuang integrasi dan mengingatkan penulis akan nasib jutaan rakyat Vietnam Selatan yang merasa ditinggalkan oleh sekutunya, Amerika Serikat.

Buku ini mencoba melihat Timor Timur dari sudut pandang Indonesia, termasuk TNI dan para pejuang integrasi, yang bahkan sejak tahun 1950an telah mulai mengangkat senjata untuk mengusir penjajah Portugis dari tanah kelahiran mereka.

Lebih dari itu, buku ini mencoba mengajak pembaca, khususnya rakyat Indonesia dan TNI, untuk bercermin dari kekalahan di Timor Timur, bertanya pada diri sendiri: apa yang salah?

Timor Timur telah membuat Indonesia terpuruk, dari bangsa yang memproklamirkan diri sebagai bangsa yang cinta damai dan kemerdekaan, sebagai bangsa penindas. Bagaimana Indonesia bangkit dari keterpurukan itu dan mengembalikan kebanggaannya sebagai bangsa yang besar yang cinta damai dan kemerdekaan? Itulah pertanyaan besar yang harus kita jawab bersama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...