Minggu, 20 November 2016

Timor Timur Menyerang Indonesia

Judul
:
Ulah Hacker Politik Membebaskan Tanah Lorosa’e Timor Timur Menyerang Indonesia
Penulis
:
Hendracaroko Marpaung
Penerbit
:
Galang Press
Tahun Cetak
:
2009
Halaman
:
189
ISBN
:
978-602-8174-01-5
Harga
:
Rp. 50.000
Status
:
Kosong

Pilihan rakyat Timor Timur untuk memisahkan diri dari Indonesia pada 30 Agustus 1998 sudah final. Mereka memilih merdeka dan berdaulat.

Sebagian analisis sejarah menunjukkan bahwa kemerdekaan yang mereka raih adalah buah dari perjuangan bersenjata dan diplomasi elit politik. Xanana Gusmao menjadi simbol dari perjuangan bersenjata (klandestein), sedangkan Ramos Horta dicatat sebagai pelobi dukungan masyarakat internasional. Militer dan aktivitas politik dianggap sebagai jalan utama meraih kemerdekaan.

Penulis buku ini sangat kritis. Ia secara cekatan menangkap celah kelemahan analisis itu. Pasti ada elemen lain yang punya andil besar perjuangan kemerdekaan rakyat Timor Timur. dan, lewat penelusuran canggih lagi cermat, ia menemukan ‘pejuang lain’ itu: hacker activist-hacktivist! Mereka berjuang di dunia maya, lewat jalur internet yang lintas batas itu. Mereka memonilisasi teknologi sedemikian rupa sehingga, seperti bola salju, bergulirlah semangat luar biasa untuk melawan kesewenang-wenangan pemerintah Indonesia. Teknologi telah memungkinkan lahirnya revolusi baru!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...