Jumat, 18 November 2016

Liber Amicorum Voor Ben Mboi, Leermeester voor velen

Judul
:
Liber Amicorum Voor Ben Mboi, Leermeester voor velen
Penyunting
:
Candra Gautama
Penerbit
:
Kepustakaan  Populer Gramedia
Tahun Cetak
:
2011
Halaman
:
142
ISBN
:
978-979-91-0378-9
Harga
:
Rp. -
Status
:
Ada, buku pelengkap “Ben Mboi Memoar Seorang Dokter, Prajurit, Pamong Praja”


LIBER AMICORUM: Voor Ben Mboi, Leermeester voor Velen, yang dimaksudkan sebagai pelengkap memoar, berisi 10 tulisan dari 8 sahabat Ben Mboi. Mereka menyoroti pemikiran dan karya Ben Mboi sebagai gubernur. Kedelapan orang itu adalah Dr. Riant Nugroho, Karen H. Smith, Gregorius Neonbasu SVD, PhD, Dr. David BW Pandie, Prof. Ir. Fredrik Lukas Benu Msi, PhD, Drs. Daniel Tagu Dedo, Dr. Frans Rengka SH, MH, dan Dr. Martha Tilaar.

Ada tiga pertanyaan yang hendak dijawab: Seberapa pentingkah pemikiran-pemikiran Ben Mboi mengenai kehidupan berbangsa dan bernegara dapat dijadikan bahan permenungan untuk melihat situasi Indonesia sekarang? Seberapa pentingkah terobosan kebijakan Ben Mboi selama menjabat Gubernur NTT dapat dijadikan inspirasi bagi pemerintah sekarang? Seberapa pentingkah peranan Ben Mboi dan istrinya, Nafsiah Mboi, dalam memberdayakan rakyat NTT dari kemiskinan dan menjadikan NTT bisa sejajar dengan provinsi-provinsi lain di Indonesia?

Membaca sepuluh tulisan para sahabat Ben Mboi tersebut, tidaklah salah bila bunga rampai ini diberi judul Liber Amicorum: Voor Ben Mboi, Leermeester voor Velen, yang diterjemahkan secara bebas berarti Liber Amicorum: Untuk Ben Mboi, Guru bagi Banyak Orang. Ya, selama hidupnya, disadari atau tidak, Ben Mboi memang telah berlaku sebagai seorang guru bagi banyak orang. Tilaar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...