Selasa, 15 November 2016

Dua Kali Merdeka, Esai Sejarah Politik Timor Leste

Judul
:
Dua Kali Merdeka, Esai Sejarah Politik Timor Leste
Penulis
:
Avelino M. Coelho (Shalar Kosi FF.)
Penerbit
:
Djaman Baroe
Tahun Cetak
:
2012
Halaman
:
123
ISBN
:
978-979-18055-5-1
Harga
:
Rp. 45.000
Status
:
Ada

Uraian buku ini membuka pengetahuan dan wawasan baru bagi para pembaca di Indonesia dan Timor Leste mengenai sejarah Timor Leste, dan kaitannya dengan Indonesia. Buku ini menjadi jawaban bagi ketidaktahuan rakyat Indonesia selama ini yang membuat mereka sulit untuk memahami mengapa Timor Leste merdeka dari Indonesia? Dan mengapa pula pernah bergabung? Apa yang sesungguhnya terjadi di tingkat Internasional, regional, dan lokal (Timor Leste dan Indonesia) pada saat itu? Sementara bagi rakyat Timor Leste, buku ini memberi penjelasan terhadap banyak hal terkait sejarah politik dan hukum negeri mereka yang masih gelap dan membutuhkan penerangan. Karya ini sangat penting bukan hanya oleh fakta yang diungkapkannya, namun juga sudut pandangannya, karena ditulis oleh seorang mantan pejuang kemerdekaan yang terlibat langsung dalam gerilya bersenjata di hutan Timor Leste dan gerilya di Indonesia.

"Sebagai sebuah esei yang membahas beberapa aspek sejarah politik Timor Leste, tulisan ini juga memajukan ke depan mata orang Indonesia hal-hal penting dan yang rata-rata tidak disadari oleh mayoritas rakyat Indonesia. Sekaligus, mengangkat hal-hal baru yang pasti merupakan tantangan buat pemikiran politik di Timor Leste sendiri. (Max Lane, sejarahwan dan penulis buku "Malapetaka di Indonesia" (2012) dan "Bangsa yang Belum Selesai" (2012)).

Avelino pendiri dan tokoh Partai Sosialis Timor-Leste (PST) merupakan pelaku sejarah lahirnya Timor Leste merdeka. Tak banyak pelaku sejarah yang menungkan pengalaman dan pandangannya dalam bentuk buku. Dari yang sedikit, Avelino salah satunya. Dua Kali Merdeka, esai sejarah politik Timor Leste, merupakan catatan sejarah kritisnya. (Tri Agus S. Siswowiharjo, mantan aktivis Solidamor, kini staf pengajar di Prodi Ilmu Komunikasi STPMD AMPD Yogyakarta).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...