Selasa, 04 Oktober 2016

Rusa Timorensis (Cervus Timorensis)

Judul
:
Rusa Timorensis (Cervus Timorensis), Dari Hewan Konservasi Menjadi Hewan Ternak Menuju Budidaya
Penulis
:
Siswanto Imam Santoso
Penerbit
:
Graha Ilmu
Tahun Cetak
:
2011
Halaman
:
291
ISBN
:
978-979-756-780-4
Harga
:
Rp. 85.000
Status
:
Ada

Sampai saat ini di Indonesia pengembangan rusa secara komersial telah menimbulkan perdebatan. Kelompok pertama menganggap bahwa rusa termasuk golongan satwa langka yang harus dilindungi sehingga apabila dilakukan pengembangan rusa secara komersial akan menyebabkan kepunahan. Argumentasinya ini dipelopori oleh ahli ekologi bahwa rusa adalah satwa langka yang harus dilindungi dan merupakan barang publik sehingga mekanisme pasar adalah gagal. Satwa langka mempunyai kehidupan yang mengatur dirinya sendiri dalam sumberdaya yang tersedia pada suatu areal tertentu, sehingga tidak ada pemilikan individu (Pulliam and Danielson,Rideout and Hesselen (2001) menyatakan bahwa pemerintah adalah yang terbaik dalam mengelola satwa langka untuk menjaga kepunahannya. Sementara kelompok kedua justru sebaliknya bahwa rusa mempunyai nilai ekonomi tinggi sehingga apabila dikembangkan secara komersial akan memberikan manfaat bagi masyarakat dan kepunahannya justru semakin terjaga.

Buku ini disajikan untuk membantu menerangkan bahwa pengembangan rusa bertujuan untuk: (1) pelestarian satwa (ecotourism),  (2) kepentingan pendapatan untuk para penangkar komersial,  (3) peningkatan nilai tambah penangkar rusa dalam bentuk produk sampingan, (4) memiliki tujuan sampingan berupa penyerapan tenaga kerja, dan  (5) peningkatan nilai guna lahan marginal adalah dimungkinkan, selain itu juga untuk mengevaluasi bahwa rusa bisa diusahakan secara komersial.

Ini sesuai pandangan/pendapat bahwa model penyelamatan melalui usaha Rusa Komersial sungguh dimungkinkan, dan ini telah dilakukan oleh Negara New Zeland yang berhasil menyelamatkan Red deer yang telah punah dihabitat aslinya , tapi menjadi sumber devisa negara di negara New Zeland.

Pemanfaatan rusa dalam berbagai komoditi unggulan (berupa rangga tua, rangga muda, daging dengan segala kelebihannya dibandingkan dengan daging hewan lainnya, pemanfaatan kulit rusa) dibahas dalam buku ini. Pengembangan konservasi rusa agar tidak mengalami kepunahan tersebut tetap kami perhitungkan bersama dengan model usaha komersial denga penerapan Analisa Multiple Objective Goal Programming (MOGP).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...