Jumat, 14 Oktober 2016

Gereja Itu Politis, Dari Manggarai – Flores untuk Indonesia

Judul
:
Gereja Itu Politis, Dari Manggarai – Flores untuk Indonesia
Editor
:
Rikard Rahmat
Penerbit
:
Justice, Peace and Integrity of Creation (JPIC) OFM
Tahun Cetak
:
2012
Halaman
:
426
ISBN
:
978-979-19963-4-1
Harga
:
Rp. 130.000
Status
:
Kosong

Berangkat dari Gereja Katolik Manggarai, Nusa Tenggara Timur, buku ini berwarta tentang perspektif segar dalam proses merefleksikan dan mempertajam apa itu sebetulnya tugas dan tanggung jawab moral-profetis Gereja dalam konteks zaman sekarang. Dengan beragam perspektif – teologis, filosofis, ilmu sosial kritis dan studi perbandingan – para penulis buku ini mendalami pokok pergulatan Gereja Katolik Manggarai (kemiskinan dan ketakberdayaan umat Allah), menganalisanya dengan kritis, lalu menawarkan gagasan-gagasan bernas yang tidak saja bermanfaat bagi kelanjutan peziarahan Komunitas Gereja Katolik Manggarai, tetapi juga relevan bagi komunitas-komunitas Kristiani lainnya di tanah air.

Buku ini juga merupakan sumbangan berharga bagi wacana kritis seputar agama dan politik di Indonesia. Isu-isu yang dibahas di dalamnya juga menjadi inti pergulatan agama-agama dewasa ini: bagaimana agama dan orang beriman, terutama di tengah situasi masyarakat yang sarat dengan kemiskinan dan ketidakberdayaan, memainkan peran mewujudkan transformasi sosial, memuliakan nasib umat manusia, serta menyelamatkan seluruh alam dan segenap ciptaan dari berbagai ancaman.

Melampaui dikotomi lama religious-sekuler, agama-politik, buku ini menawarkan pandangan yang lebih integrative tentang bagaimana agama-agama justru mendekati kesejatiannya melalui usaha-usaha serta perjuangan menciptakan tata kehidupan yang lebih baik. Secara khusus, buku ini melihat bagaimana di tengah hegemoni neoliberalisme yang merasuki semua sendi kehidupan kita, agama-agama justru menjadi salah satu sumber energi pembebasan dan merintis jalan menuju keadilan.

5 komentar:

  1. selamat malm. saya mau tanya ini bku. stoknya masih ada. soalnya saya mau beli

    BalasHapus
  2. selamat malm. saya mau tanya ini bku. stoknya masih ada. soalnya saya mau beli

    BalasHapus
  3. selamat malm. saya mau tanya ini bku. stoknya masih ada. soalnya saya mau beli

    BalasHapus
  4. selamat malm. saya mau tanya ini bku. stoknya masih ada. soalnya saya mau beli

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...