Kamis, 01 September 2016

Pater Johannes Bouma SVD

Judul
:
Pater Johannes Bouma SVD, Regional Flores dan Timor Pendiri Seminari Tinggi Ledalero, Penerjemah Injil Perjanjian Baru
Penulis
:
Alex Beding, SVD
Penerbit
:
Nusa Indah
Tahun Cetak
:
2009
Halaman
:
127
ISBN
:
-
Harga
:
Rp. 60.000
Status
:
Ada

Sebuah buku ditulis untuk mengenang seorang misionaris besar, Pater Johannes Bouma SVD. Bisa dipastikan bahwa terbanyak sebagai pembaca tidak mengenal Pater Bouma, seorang misionaris SVD dari Belanda. Ia datang ke Flores pertama kali tahun 1919. Kedua kali dia datang pada 1927 dan berkarya sampai ajalnya pada 1970. Seluruh masa baktinya di Flores 45 tahun. Seluruh karya pelayanannya dapat dibagi atas tiga periode atau tiga jenis karya yang menunjukkan betapa bakat, tenaga, pengorbanan dan semangat misioner telah ia sumbangkan untuk memajukan dan mencerdaskan manusia yang mendiami wilayah kepulauan Indonesia atau Insulinde yang dipuja-puja dan syair-syair dan nyanyian-nyanyian dan nama-nama indah. Sejak umur remaja Johannis Bouma hanya ingin menjadi misionaris “gunung” supaya bekerja di tengah orang Flores. Namun, justru bakat-bakatnya yang luar biasa tugas-tugas yang luar biasa.

Bagian pertama masa pelayanannya diisi dengan tugasnya sebagai pemimpin. Selama masa tiga jabatan dia menjadi Regional alias Pembesar bagi para missionaries-anggota Serikat Sabda Allah yang berkarya di kepulauan Sunda Kecil yang sama dengan Nusa Tenggara, dari Bali sampai Timor. Bagian kedua masa pelayanannya meliputi terutama pembentukan cabang Serikat Sabda Allah (SVD) di Indonesia dan mendirikan Seminari Tinggi di Ledalero untuk pendidikan imam-misionaris pribumi. Sukses lebih lanjut dari karya ini ialah Seminari Tinggi Pendidikan imam-imam diosesan di Ritapiret. Untuk bagian ketiga masa pelayanannya P. Bouma mendapat tugas yang mulia untuk menyediakan terjemahan Injil Perjanjian Baru dalam bahasa Indonesia.

Kalau orang melihat atau mendengar tentang Seminari Tinggi di Ledalero, kemungkinan besar orang tidak mengetahui siapa “arsitek”nya. Dan kalau orang pernah tahu tentang Kitab INJIL yang diterbitkan oleh Para Wali Gereja Indonesia dan dicetak pada Percetakan Arnoldus di Ende pada 1964, orang tidak mengetahui siapa yang mengadakan terjemahannya dalam Bahasa Indonesia. Nama yang tidak diketahui itu ialah P. Johannis Bouma SVD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...