Selasa, 06 September 2016

Kamus Sara Sikka Bahasa Indonesia

Judul
:
Kamus Sara Sikka Bahasa Indonesia
Penulis
:
M. Mandalangi Pareira & DR. E. Douglas Lewis
Penerbit
:
Nusa Indah
Tahun Cetak
:
1998
Halaman
:
218
ISBN
:
979-429-070-x
Harga
:
Rp. 50.000
Status
:
Ada

Dalam penjelasan Pasal 36 UUD 1945 dinyatakan bahwa daerah-daerah yang mempunyai bahasa sendiri yang dipelihara oleh rakyatnya dengan baik-baik. Bahasa-bahasa itu dihormati dan dipelihara juga oleh negara. Bahasa-bahasa daerah, selain sebagai bagian dari kebudayaan Indonesia yang hidup, juga sebagai lambang kebudayaan dan lambang identitas daerah.

Sadar akan pentingnya kedudukan dan fungsi bahasa daerah itu yang mendorong kami menerbitkan KAMUS SARA SIKKA BAHASA INDONESIA ini. Sebagai bahasa daerah yang terus dipelihara dan dipakai oleh warga masyarakat di Kabupaten Sikka, Flores, bahasa Sikka atau sara Sikka perlu dibina dan dikembangkan sebagaimana mestinya.

Dalam kamus ini terhimpun 5.429 kata pokok bahasa Sikka. Penyusunan bahan dasar kamus ini dilakukan oleh M. Mandalangi Pareira, seorang penutur asli bahasa Sikka yang merasa ikut bertanggung jawab atas kelestarian bahasa Sikka, sedangkan penyuntingan dan penyempurnaan naskah dilakukan oleh Dr. E. Douglas Lewis, seorang ahli antropologi sosial dari Antropology Faculty of Arts, The University of Melbourne, Australia. Dengan terbitnya kamus pertama bahasa Sikka ini diharapkan dapat mendorong para pecinta dan peneliti bahasa Sikka untuk menerbitkan kamus baru bahasa Sikka yang lebih berbobot dari kamus ini.

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...