Rabu, 10 Agustus 2016

Dari Padang Gelaga Sokoria ke Desa Ranokolo Selatan

Judul
:
Dari Padang Gelaga Sokoria ke Desa Ranokolo Selatan, Flores – Nusa Nipa 1957-2007 
Penulis
:
John Gawa 
Penerbit
:
Verbum Publishing Jakarta
Tahun Cetak
:
2007
Halaman
:
162
ISBN
:
978-979-25-4889-1
Harga
:
Rp. 55.000
Status
:
Ada

Dalam lanskap dataran dan perbukitan, desa Sokoria tidak banyak berbeda dari desa desa lain di sekitar. Di sana sini mudah ditemukan pohon-pohon enau yang sudah tua dan rumpun pisang yang ditanam oleh masyarakat. Dewasa ini pohon cacao dan jambu mente bertumbuh secara meluas di lereng dan perbukitan. Pohon-pohon ini menjadi tanaman penghasil utama untuk ekonomi penduduk dari daerah-daerah di sekitar.

Pada awal penyerahan hak oleh tuan tanah kepada warga Sokoria hampir seluruh kampung terletak di dataran tempat perkampungan yang sekarang. Pemandangan serupa yang menjadi lanskap biasa di daerah dataran Sokoria bisa juga ditemukan di dataran lain seperti Maurole, Ranokolo, Mautenda sampai ke dataran Ropa. Tidak lama sesudah penyerahan hak tersebut ekspansi area desa telah juga melingkupi perbukitan yang menambah keindahan latar belakang jika memandang kampung ini dari arah dataran Ranokolo.

Karena adanya dataran ini Sokoria dan sekitarnya menjadi terkenal sebagai lumbung padi untuk penduduk di Kota Ende dan tempat-tempat lain dalam radius yang lebih luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...