Senin, 22 Februari 2016

Deskripsi Naskah dan Sejarah Perkembangan Aksara Ende Flores NTT


Judul
:
Deskripsi Naskah dan Sejarah Perkembangan Aksara Ende Flores NTT
Penulis
:
Maria Matildis Banda
Penerbit
:
Djambatan
Tahun Cetak
:
2005
Halaman
:
175
ISBN
:
979-428-603-6
Harga
:
Rp. 75.000
Status
:
Ada

Etnik Ende di Pulau Flores merupakan satu-satunya etnik di Nusa Tenggara Timur yang memiliki peninggalan tertulis berupa naskah. Mulanya teks ditulis di atas wuno koli (daun lontar), sekarang ditulis di atas kertas dalam bahasa dan aksara Ende. Naskah-naskah Ende digunakan oleh sebagaian kecil masyarakat dalam upacara sunat, perkawinan dan pembangunan rumah baru. Meskipun tradisi tulis tersebut tidak mengakar kuat dalam kegiatan sosial budaya etnik Ende, kenyataannya tradisi tersebut tetap hidup.

Buku ini merupakan hasil penelitian penulis di bidang filologi. Hasil penelitian ini penting untuk mengetahui naskah Ende yang beredar di masyarakat etnik Ende dan naskah mana yang dipandang asli atau mendekati asli.

Judul penelitian “Deskripsi Naskah dan Sejarah Perkembangan Aksara Ende Flores Nusa Tenggara Timur” secara garis besar membahas tentang naskah dan aksara Ende yang berkembang di Ende Flores NTT sejak masuknya pengaruh Bugis pada awal abad ke-16. Tidak banyak peneliti yang tahu bahwa di Ende hidup tradisi tulis hingga saat ini. Meskipun tradisi tersebut tidak mengakar kuat dalam kegiatan sosial budaya etnik Ende, kenyataannya tradisi tersebut hidup. Hal ini penting diperhatikan oleh peneliti serta pengamat budaya pada umumnya.

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...