Selasa, 05 Januari 2016

Mozaik Sumba Barat (Rekaman Jurnalistik – Edisi Revisi)


Judul
:
Mozaik Sumba Barat (Rekaman Jurnalistik – Edisi Revisi)
Penulis
:
B. Michael Beding & Indah Lestari Beding
Editor
:
Frans Wora Hebi, B.A.
Bahasa
:
Indonesia & Inggris
Penerbit
:
Nusa Indah – Yayasan Sabana Sumba Barat
Tahun Cetak
:
-
Halaman
:
268
ISBN
:
979-429-287-7
Harga
:
Rp. 75.000
Status
:
Ada

Manusia itu sendiri jadi generasi demi generasi. Dunia itu sendiri tidak membeku lalu jadi tiada. Dunia itu sendiri jadi sangat dinamis, progresif dan evolutif. Dunia berkembang jadi lembaran sejarah kemungkinan demi kemungkinan. Living dangerously: kenyamanan – kesejukan – kesentosaan – dan kepastian telah berganti jadi kegelisahan – kecemasan – kecurigaan dan ketidakpastian. Tanda seru telah berubah jadi tanda tanya; tentang dunia dan bumi hunian, tentang manusia itu sendiri.

Dalam buku Mozaik Sumba Barat, ‘tanda tanya’ itu adalah masalah kepurbakalaan, masalah kesejarahan, masalah kesenian dan kebudayaan, masalah fauna-flora dan kebaharian, masalah pariwisata dan masalah potensi rill Sumba Barat. Harusnya bagi orang Sumba Barat, semuanya itu adalah tanda seru, yang sudah diketahui – dipahami dengan pasti. Tetapi tidak, semuanya jadi tak jelas, jadi kemungkinan-kemungkinan. Jadi tanda tanya.

Inilah semacam dasar idea untuk menggali dan bertanya tentang Nusa Tenggara Timur – NTT, tentang kepurbakalaan, tentang kesejarahan, tentang kesenian dan kebudayaan, tentang fauna flora dan kebaharian dan tentang potensi rill Nusa Tenggara Timur. Terutama oleh adanya sejumlah literatur lokal yang justru pada sisi-sisi tertentu semakin memperbesar ‘tanda tanya’ ini hanya karena upaya ‘bertanya’ dan ‘menggali’ hanya di tempat. Pelajaran inilah yang membulatkan sikap untuk sedapatnya ‘menggali’ dan ‘bertanya’ dengan cara langsung turun ke lapangan.

4 komentar:

  1. kalau ingin order bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. SMS/WA ke : 085242134640 / email: mamanhusin@gmail.com

      Tunggu Balasan: Ketersediaan & Jumlah nilai yang harus ditransfer (Harga Buku + Ongkos Kirim via JNE/J&T/Tiki/Pos Indonesia) ke Rek. Bank Muamalat: 7610012753 An. Usman Husin

      Hapus
  2. Gimana cara pemesanan bukunya.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...