Jumat, 25 Desember 2015

Sejarah Pemerintahan Raja-Raja Timor, Suatu Kajian Peta Politik Pemerintahan Kerajaan-Kerajaan di Timor Sebelum Kemerdekaan RI


                 
Judul
:
Sejarah Pemerintahan Raja-Raja Timor, Suatu Kajian Peta Politik Pemerintahan Kerajaan-Kerajaan di Timor Sebelum Kemerdekaan RI 
Penulis
:
A. D. M. Parera
Editor
:
Drs. Gregor Neonbasu, S. V. D.
Penerbit
:
Pustaka Sinar Harapan
Tahun Cetak
:
1994
Halaman
:
316
ISBN
:
979-416-315-5
Harga
:
Rp. 150.000
Status
:
Ada

Sejak masa kecilnya A. D. M Parera hidup dan bergaul erat dengan masyarakat di Desa Kemak, Belu. Dalam masa penjajahan Jepang, Ia telah berkelana sampai ke pedalaman Amfoang, Fatuleu dan Swapraja Kupang, di mana ada percampuran penduduk yang berasal dari Suku Dawan, Rote, Sabu dan Tetun. Dan ketika bertugas sebagai pegawai negeri, ia sering mewawancarai orang-orang dari Biboki, Insana, Miomaffo, Amanuban, Amanatun dan Mollo tentang adat istiadat dan sejarah daerah.

Proses pengenalannya terhadap berbagai bentuk kebudayaan dan sejarah masyarakat Timor sangat ditunjang oleh kefasihannya dalam berbahasa daerah seperti Dawan, Tetun, Rote, Sabu dan Kemak. Dengan demikian, Ia seakan-akan telah melebur dalam sejarah kebudayaan masyarakat Timor yang sangat diminatinya. Sehingga kemanapun Ia pergi, Ia selalu mencatat tradisi-tradisi lisan, lagu-lagu rakyat, tarian-tarian daerah, motif-motif kain dan pakaian asli, kebiasaan-kebiasaan masyarakat tradisional, asal-usul suku dan silsilah kerajaan, pusaka-pusaka kerajaan, upacara-upacara adat dan perpindahan suku/kerajaan di seluruh kawasan Timor.

Semua ini dicatat dalam seluruh perjalanan hidup dan karyanya yang kemudian berhasil dikumpulkan dalam bentuk tulisan. Kemudian Ia bertekad untuk menerbitkan kumpulan tulisannya ini dalam bentuk buku. Dan setelah menunggu hampir 20 tahun, tekad tersebut baru dapat direalisasikan sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...