Sabtu, 19 Desember 2015

Manggarai Mencari Pencerahan Historiografi


Judul
:
Manggarai Mencari Pencerahan Historiografi
Penulis
:
Dami N. Toda
Penerbit
:
Nusa Indah
Tahun Cetak
:
1999
Halaman
:
442
ISBN
:
979-429-142-0
Harga
:
Rp. 100.000
Status
:
Ada

Meskipun usia penulisan sejarah nasional Indonesia sudah 50-an tahun, namun aspek kehadiran sejarah lokal seluruh Indonesia sebagai faktor pemberi makna harga diri Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, masih terlalaikan.

Dengan mengandalkan khazanah sumber folklorik lokal yang dipakai berbanding lebih daripada sekedar observasi partisipatif dari metode empiris ala Bronislav Malinovski, buku ini mencerahkan hak kedaulatan hidup sejarah kerajaan lokal Manggarai, Flores dan mengungkapkan secara tuntas bukti-bukti manipulatif dalam sumber-sumber historiografis asing yang merekayasa penjajahan atas hak kedaulatan kerajaan lokal itu selama 350 tahun sejak kehadiran wilayah itu dalam berita Catatan Harian Benteng Batavia Belanda tahun 1661. Padahal mitos penjajahan Belanda atas Indonesia selama 350-an tahun ternyata merupakan klaim fiktif sepanjang terbukti secara legal hanya 13 tahun umur penjajahan Belanda versi Korte Verklaring atas wilayah tersebut.

Karya ilmiah penuh data dan argumentasi ini, selain memberikan konstribusi yang amat besar dalam pencerahan historiografi dan sejarah Manggarai, juga menunjukkan berbagai permasalahaan mendasar historiografi yang sering terlalaikan. Para ilmuan sejarah, peneliti dan pemerhati soal budaya, akan mendapatkan banyak hal baru dalam buku ini.

9 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...