Kamis, 19 Desember 2013

Bung Karno dan Pancasila, Ilham dari Flores Untuk Nusantara


Judul
:
Bung Karno dan Pancasila, Ilham dari Flores Untuk Nusantara
Penulis
:
Tim Nusa Indah
Penerbit
:
Nusa Indah - Ende
Tahun Cetak
:
2006
Halaman
:
104
ISBN
:
979-429-171-4
Harga
:
Rp. 40.000
Status
:
Ada

Masa pembuangan Bung Karno di Pulau Flores berlangsung dari 14 Januari 1934 sampai dengan 18 Oktober 1938. Bung Karno menggambarkan dirinya dalam pembuangan itu sebagai “elang yang telah dipotong sayap-sayapnya. Namun, ternyata Bung Karno mampu mengatasi dan mengolah situasi krisis ini secara kreatif sehingga menghasilkan hal-hal positif dalam pembentukan karakter dan kepribadian, sifat dan jiwa perjuangannya untuk memerdekakan dan menyatukan bangsa Indonesia. Bung Karno mengatakan: “Pulau Bunga akan tetap kekal melekat dalam kenanganku!”.

Bung Karno mengakui melepaskan kepercayaannya akan takhyul di Flores, yang ia lebih senang menyebutnya Pulau Bunga. Di Flores, Bung Karno merenungkan Pancasila, yang disebutnya sebagai lima butir mutiara yang indah. Selama pembuangan di Flores, denngan sandiwara-sandiwaranya, Bung Karno telah meramalkan Indonesia akan merdeka pada 17-8-1945. Di Flores juga, Bung Karno untuk pertama kalinya di sapa dengan nuansa meramal sebagai presiden Indonesia. Kita juga dapat menelusuri peninggalan yang menggungkapkan hasil perwujudan bakat seni arsitek, seni sastra, seni rupa Bunga Karno di Flores. Dalam hati sekitar 100 orang sahabatnya di Flores terukir kesan mendalam akan sikap persahabatan yang bebas, kerakyatannya yang kental, cintanya terhadap alam lingkungan san semangat menbangun diri dari kristal keringat sendiri..

Buku ini menyajikan pelbagai hal yang berhubungan dengan masa pembuangan Bung Karno di Flores, khususnya di Ende, selama kurang lebih 5 tahun. Dilengkapi dengan foto-foto yang unik dan eksklusif, buku ini disajikan secara populer dalam gaya bahasa bercerita. Pembaca dibantu untuk dengan mudah memahami pemikiran dan perjuangan Bung Karno, Putra Sang Fajar dalam membentuk Bangsa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...